Sabtu, 27 Agustus 2016

Twisted-Pair US Dollar Stagnant Wait Yellen Speaks Later Tonight


Twisted-Pair US Dollar Stagnant Wait Yellen Speaks Later Tonight : Dolar AS melangkah turun di sesi perdagangan Jumat (26/Agustus) sore ini dengan perubahan keseluruhan yang sangat kecil minggu ini. Fokus investor belum teralihkan dari penantian akan pernyataan Ketua The Fed di Jackson Hole, dengan harapan akan ada kejelasan mengenai kenaikan suku bunga The Fed.


dolar_as
Janet Yellen, Ketua The Fed, dijadwalkan akan menyampaikan pidatonya pada pukul 14:00 GMT atau pukul 21:00 WIB. Para analis sulit memberikan perkiraan yang paling mungkin tentang apa yang akan disinggung Yellen dalam pidatonya. Suara mereka tercatat 50:50, baik untuk yang memperkirakan kenaikan suku bunga pada bulan September, maupun kenaikan suku bunga pada bulan Desember.


Esther George Tokoh Ter-Hawkish

Salah seorang pejabat The Fed yang sekaligus anggota FOMC tahun ini, Esther George, sudah mendapat giliran untuk berbicara di depan simposium. Presiden The Fed untuk wilayah Kansas City tersebut secara vokal menunjukkan pandangannya akan kebutuhan kenaikan bunga bagi ekonomi Amerika.


Pandangan George terhadap ekonomi AS tak banyak berubah dari apa yang ditunjukannya sejak rapat kebijakan pada bulan Juli. Menurut George, dalam dua tiga tahun ke depan, Fed Rate seharusnya sudah mencapai 3 persen. "Saya melihat, inilah waktunya untuk bergerak (menaikkan suku bunga," kata George. "Saya sudah mengambil pertimbangan pada bulan Juli, dan sekarang pandangan saya itu belum berubah."



Meski begitu, secara keseluruhan, outlook ekonomi Amerika menurut George masih berada dalam level yang sedang, sehingga dirinya mendukung rencana Janet Yellen untuk menaikkan tingkat suku bunga secara bertahap.


Dolar Datar

Indeks Dolar, yang mengukur kekuatan Greenback terhadap 6 mata uang mayor menurun 0.2 persen ke angla 94.608, lebih rendah dibandingkan dengan level indeks Dolar di awal bulan ini.


USD/JPY bergerak sangat flat dengan volatilitas rendah di kisaran 100.44 yen. Menurut Masashi Murata, Ahli Strategi mata uang di Brown Brothers Harriman, Tokyo, pidato Yellen menurutnya tidak akan membuat USD/JPY membentuk tren baru.



Sementara itu, EUR/USD juga tak kalah datar dengan diperdagangkan di kisaran 1.1297 sore ini, meski ada sedikit kenaikan dari level sebelumnya di angka 1.1284.



Menurut Ulrich Leuchtmann, Kepala Forex di Commerzbank Frankfurt kepada Reuters, dirinya melihat akan ada lebih banyak kejutan negatif untuk Greenback dari pidato tersebut. Meski demikian, Leuchtmann mengatakan, pidato Yellen nanti akan membawa manfaat bagi kebijakan, namun diperkirakan tidak akan terlalu hawkish.


1 komentar: